Viewer's

Selasa, 15 Februari 2011

PERBEDAAN DAN KARAKTERISTIK ANTARA GRAFIK 2 DIMENSI DAN 3 DIMENSI

Pengertian Grafik adalah merupakan visualisasi tabel. Tabel yang disajikan berupa angka-angka dapat disajikan/ ditampilkan ke dalam bentuk gambar.
Jenis grafik, ada beberapa macam grafik diantaranya adalah
1. Grafik batang (histogram) dipakai untuk menekankan perbedaan tingkat nilai dan beberapa aspek. Contohnya grafik Penyesuaian barang.
2. Grafik garis dipakai untuk menggambarkan perkembangan/ perubahan dari waktu ke waktu. Contohnya grafik Pertumbuhan badan.
Sedangkan Grafik Komputer merupakan cabang ilmu dari komputer untuk membuat da memanipulasi gambar secara digital. Bentuk dasar dari grafik komputer adalah
1. Grafik 2 dimensi
2. Grafik 3 dimensi
Banyak dijumpai bentuk visualisasi seperti pemain sepak bola, artis, penyanyi, dll. Yang merupakan hasil dari pemrosesan citra dan pengolahan pola hingga membentuk visualisasi tersebut yang tentu memakan proses yang sangat sulit.
Bagian dari grafik komputer :
1. Geometri adalah mempelajari cara menggambar permukaan bidang.
2. Animasi adalah mempelajari cara memanipulasi dan menggambar gerakan.
3. Rendering adalah mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya.
4. Pengolahan citra adalah mempelajari cara pengambilan dan penyutingan gambar.
Tipe – tipe grafik komputer ada 2, yaitu grafik vektor dan grafik bitmap.
1. Grafik vektor adalah grafik yang berbasis besaran dan arah.
2. Grafik bitmap adalah grafik yang berbasis garis dan kurva.
Ciri – ciri grafik vektor dan grafik bitmap.
1. Grafik vektor : terdiri dari kurva dan garis, resolusi independent, ruang penyimpanan kecil, gambar dan warna sederhana.
2. Grafik bitmap : terdiri dari kumpulan pixel dan warna tertentu, resolusi dependent, ruang penyimpanan besar, gambar dan warna yang dihasilkan bagus.
Perbedaan dan karakteristik 2D vs 3D:
2 Dimensi :
1. Tampilan hanya dapat dilihat dari arah depan dan belakang atau flat.
2. Hanya memiliki koordinat X,Y
3. Hanya memiliki panjang dan lebar.
4. Frame layar terbatas
5. Tidak menggunakan efek cahaya.
6. Pewarnaan hanya menggunakan dasar warna.
3 Dimensi :
1. Tampilan dapat dilihat dari berbagai arah, kiri-kanan-depan-belakang-atas-bawah.
2. Memiliki koordinat X,Y,Z
3. Memiliki panjang, lebar, dan tinggi.
4. Frame layar lebih luas.
5. Banyak menggunakan efek cahaya.
6. Pewarnaan dengan warna-warna yang lebih kompleks, dan gradasi-gradasi warna lebih rumit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar